Candi Borobudur/Antara
Travel

Indonesia Kembangkan Framework Pariwisata Berkelanjutan

Nenden Sekar Arum
Senin, 1 Desember 2014 - 19:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia semakin fokus untuk mengembangkan pariwisata dengan konsep sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan untuk menyeimbangkan aspek sosial dan ekonomi di kawasan destinasi pariwisata.

Kementerian Pariwisata menggandeng World Tourism Organization (UNWTO) untuk menerapkan policy framework terkait sustainable tourism dan melakukan observasi di tiga destinasi wisata Indonesia, yakni Yogyakarta, Lombok, dan Wakatobi.

“Kami telah memiliki indikator pengembangan pariwisata berkelanjutan, sekarang saatnya menerapkan konsep dalam praktiknya, dan Yogyakarta menjadi lokasi observasi untuk penerapan sustainable tourism,” papar Xu Jing, UNWTO Regional Director of Asia Pacific seusai melakukan bilateral meeting bersama Menteri Pariwisata di Jakarta, Senin (1/12/2014).

Xu Jing memaparkan, Yogyakarta dipilih sebagai lokasi observasi karena terdapat objek pariwisata Candi Borobudur yang merupakan situs warisan budaya UNESCO.

Pihaknya ingin mengukur sejauh mana kelestarian Borobodur dapat terjaga di tengah gempuran motif ekonomi.

Xu Jing mengatakan sustainable tourism merupakan salah satu dari isu utama yang tengah dikembangkan di industri pariwisata dunia, selain fasilitas perjalanan dan konektivitas antardestinasi pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro