Rendang. Dinobatlkan sebagai makanan terlezat di dunia/Bisnis
Kuliner

Kalahkan Pizza, Rendang Makanan Terlezat di Dunia

Ismail Fahmi
Minggu, 8 Juni 2014 - 10:07
Bagikan

Bisnis.com--NEW YORK--Indonesia pantas berbangga memiliki kuliner spesifik rendang sebagai makanan terlezat dunia nomor satu, mengalahkan makanan top seperti ayam kentucky dari Amerika Serikat, Pizza dan Spaghetti (Italia) ataupun sushi (Jepang).

Berdasarkan jajak pendapat laman CNNGo milik stasiun berita CNN, rendang mengalahkan makanan spesifik dari negara mana saja. Dengan kata lain, makanan khas Padang itu "nangkring" di urutan pertama sebagai makanan terlezat dunia.

Meski begitu, sejumlah pihak memahami daya saing rendang di kancah dunia kuliner sejagad masih kalah populer dibanding makanan-makanan dari negara lain. Salah satunya Wahid Supriyadi, kepala Desk Diaspora Indonesia Kementerian Luar Negeri yang mengatakan makanan Nusantara perlu dipopulerkan lewat promosi yang lebih gencar lagi agar dikenal dunia, terlebih kelezatannya telah diakui.

"Polling CNN menempatkan tiga masakan Indonesia, termasuk rendang, sebagai makanan paling lezat di dunia, sayangnya masih belum sepopuler masakan dari Thailand dan Jepang. Maka dari itu, perlu dipromosikan lagi agar lebih mendunia," ujarnya seperti dikutip Antara, Minggu (8/6/2014).

Dia menyebutkan rendang berada di urutan pertama disusul kuliner Nusantara lain yaitu nasi goreng di peringkat kedua sedangkan sate ayam ada di posisi 19.

Sebagai orang yang sering beraktifitas di berbagai negara, Wahid mengatakan pihaknya telah berupaya mendorong Diaspora Indonesia untuk terus mempromosikan berbagai makanan asli Indonesia dan rendang salah satunya.

Diakuinya, Diaspora Indonesia yang tinggal dan berdomisili di luar negeri sejauh ini telah memperkenalkan kuliner-kuliner Indonesia lewat berbagai cara.

Sebagian dari mereka telah mendirikan restoran Indonesia di luar negeri, mempublikasikan kuliner Nusantara di hotel-hotel berbintang kelas dunia, memperkenalkan dan mengupayakan masuk serta tersedianya bumbu, rempah serta bahan makanan Indonesia.

"Biasanya, semakin banyak Diaspora Indonesia di suatu tempat, maka kemungkinan akan adanya restoran Indonesia di wilayah tersebut akan semakin besar," kata dia.

Sebagai contoh, Diaspora Indonesia di Amerika Serikat tercatat sekitar 200.000 orang yang terkonsentrasi di Los Angeles, San Fransisco dan New York. Namun jumlah restoran Indonesia di wilayah-wilayah itu belum sebanding dengan Diaspora Indonesia.

TAK BOLEH TERBUAI

Diaspora Indonesia sendiri merupakan orang, warga negara, penduduk berikut keturunannya dari warga negara atau penduduk termasuk yang menikah dengan orang Indonesia.

Siapa pun yang mencintai Indonesia dan bersedia untuk terlibat untuk memperluas jaringan koneksi, melipatgandakan peluang dan meningkatkan kemakmuran bersama untuk Indonesia juga tergolong sebagai Diaspora Indonesia, kata Wahid.

Tidak boleh terbuai Walau bagaimanapun, kata dia, Indonesia tidak boleh terbuai dengan predikat rendang yang diakui kelezatannya. Karena kenyataannya masakan Indonesia masih kalah populer dari masakan Asia lainnya karena promosinya yang baik.

 Berdasarkan catan Bisnis, mantan Duta Besar Indonesia untuk AS Dino Patti Djalal mengatakan terdapat kecenderungan masakan Indonesia belum dikemas secara baik. Akibatnya,daya tariknya menjadi kurang dan parahnya sampai dilupakan orang.

"Saya pernah ke London dan di sana ada restoran Minangkabau yang enak makanannya dan laris. Tapi belakangan resto itu tutup karena tidak mampu eksis lantaran tampilan makanannya kurang inovasi," tuturnya.

Secara khusus Dino menyebut terdapat kecenderungan para pengusaha kuliner yang menjajakan makanan asli Nusantara kurang memperhatikan desain tampilan makanan yang memiliki arti penting.

"Tampilan makanan memiliki daya tarik bagi para pecinta kuliner. Untuk promosi makanan secara umum yang saya lihat adalah kita kurang memperhatikan aspek desain".

"Bisa kita lihat kuliner dari Thailand desainnya bagus. Terdapat kombinasi yang baik antara makanan yang enak tapi di mata bagus sehingga meningkatkan selera sebelum mengkonsumsinya,"  tegasnya.

Nilai penting Senada dengan Dino, maka koki Yono Purnomo mengatakan tampilan makanan memiliki nilai penting dalam menarik minat para pecinta kuliner.

"Memang sejauh ini masakan asli Indonesia di seluruh dunia tampilan dan promosinya masih kalah dari kuliner asal Thailand dan Jepang. Kenapa tampilan itu penting? Kita sebagai penikmat makanan tentu hal pertama yang dilihat adalah tampilan makanan. Jika tampilannya menarik tentu bisa memancing selera siapa saja untuk memakannya."

"Tentu yang paling baik itu adalah tampilannya bagus, rasanya enak dan yang tidak kalah penting juga adalah higienis. Kalau makanan Indonesia di pasaran memang enak, tapi untuk tampilan masih perlu banyak belajar dari Thailand dan Jepang. Makanan dari negara-negara itu populer di dunia terutama di Barat, salah satunya karena tampilan yang menarik," kata koki Indonesia yang tinggal memiliki restoran di AS itu.

Sebagai pengusaha kuliner di AS selama 35 tahun lebih, dia mengakui terdapat tantangan yang besar terkait promosi makanan Indonesia.

"Promosi perlu digencarkan lagi. Perlu diingat jika tiga makanan Indonesia ternyata masuk dalam 20 besar makanan terlezat versi jajak pendapat CNN," kata koki berkulit sawo matang itu.

Koki mancanegara kreasikan kuliner Indonesia Koki asal Amerika, Michele Youngs menyajikan makanan asli Indonesia kolak pisang dengan sentuhan cita rasa mancanegara lewat inovasinya. Setidaknya dia mencontohkan bagaimana efek dari makanan Indonesia didesain sedemikian rupa olehnya hingga membuatnya menarik untuk dinikmati.

"Dalam kompetisi, kami awalnya dituntut untuk membuat kreasi makanan asli Indonesia dengan sentuhan internasional," kata Youngs.

Pemenang kompetisi Kompetisi Memasak Makanan Indonesia 2013 di AS itu mengatakan memiliki ide untuk membuat kolak pisang sentuhan internasional setelah terinspirasi oleh makanan "banana foster french" yang manis dan legit tapi tidak berkuah.

Perempuan belia dari Schenectady, New York itu mengatakan sejumlah inovasi pada kolak pisang dilakukannya agar mampu diterima masyarakat dunia tapi tetap memiliki jiwa Indonesia.

Bukan hanya rasa, tapi tampilan kolak pisang itu menarik dan kaya rasa yang berasal dari perpaduan es krim vanila, pisang tanduk, colenak panggang (olahan tape), gula merah cair dan krim kelapa pengganti santan.

Tampilan kolak tersebut seperti es krim yang dikombinasikan dengan krimer dan nampak higienis. Siapa saja bisa tergoda untuk menikmati kolak pisang kreasi Youngs.

Sementara itu, bagi yang lidahnya terbiasa memakan kolak dengan santan cair pada umumnya tentu akan menemukan sensasi berbeda saat mencicipi kolak pisang karya Youngs.

Keunikan kolak pisang itu juga terasa menonjol karena adanya es krim vanilla yang menjadi bagian toping. Es krim tersebut memberi sensasi dingin yang legit di mulut.

Lulusan Institut Kuliner AS, Hyde Park, New York itu merupakan pemenang Final Kompetisi Memasak Makanan Indonesia pada November 2013 yang diadakan oleh KBRI Washington DC yang bekerja sama dengan Diaspora Indonesia (DI).

Dari pengalaman Youngs tersebut menunjukkan bagaimana unsur desain makanan memberikan efek tersendiri bagi konsumen.

Selain kolak kolak pisang, YOungs juga mengkreasikan sejumlah kuliner Nusantara dengan tampilan yang baik seperti Soto Lamongan, orak arik buncis dan short ribs kombinasi saus rendang.

Setidaknya dia berupaya menunjukkan betapa rendang yang lezat mengalahkan aneka kuliner mancanegara, terutama makanan yang telah tersedia di berbagai "franchise" McDonald, KFC, Hoka-Hoka Bento dan restoran lainnnya.

Di akhir, ada harapan sejumlah pihak bahwa makanan Nusantara seperti rendang dapat lebih mendunia dan populer seperti Ayam Kentucky dan Sushi Jepang yang ada di restoran-restoran "franchise" multinasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro