Travel

Restoran yang Wajib Dikunjungi jika Berlibur ke Roma

Ardhanareswari AHP
Sabtu, 24 Agustus 2013 - 22:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Selama bertahun-tahun, Roma selalu ‘mati’ di bulan Agustus mengingat adanya ferragosto, libur musim panas tradisional setempat. Hampir mustahil bagi wisatawan mencari toko dan restoran yang buka.

Namun sekarang, krisis ekonomi yang melanda Eropa membuat jumlah warga Roma yang berlibur ferragosto menipis. Data dari surat kabar Italia, Il Messagero, hanya sepertiga warga Roma yang libur lebih dari seminggu tahun ini. Jumlah itu tercatat turun 10% dibandingkan dengan musim panas tahun lalu.

Penurunan kuantitas itu bisa jadi berita buruk bagi Italia, namun sebaliknya, justru berita baik bagi turis Roma yang  begitu padat, terutama para pelancong yang datang untuk mencicipi makanan khas. Pengunjung tetap harus merencanakan dan memesan makanan yang dikehendaki, terutama 2 minggu pada tengah Agustus. Namun jangan khawatir, tahun ini akan banyak restoran yang tetap buka, termasuk restoran berkualitas dan otentik.

Bagi Anda yang berniat mengunjungi Roma di luar Agustus, restoran di bawah ini juga bisa menjadi rekomendasi tempat untuk dikunjungi.

Flavio al Velavevodetto

Restoran trattoria biasanya jadi restoran pertama yang tutup sepanjang musim panas. Trattoria adalah tempat makan informal yang menyajikan menu sederhana a la Italia. Namun tahun ini, Flavio al Velavevodetto akan buka untuk makan siang dan malam setiap hari selama Agustus.

Menu yang terkenal di sini adalah menu klasik Roma seperti bucatini all’amatriciana, pasta dengan tomat dan daging babi, serta alla vaccinara, makanan dari buntut sapi. Lokasi restoran akan menambah kenikmatan sajian, yaitu di Monte Testaccio, sebuah bukit yang dibangun pada Romawi kuno.

Roscioli

Jika ingin menyantap makanan yang lebih ‘tinggi’ dari jenis trattoria namun tetap santai, Roscioli akan menjamu pengunjungnya dengan menu klasik dan hidangan khas Italia sekaligus. Rekomendasi di restoran ini adalah cacio e pepe, pasta tradisional Roma dengan Pecorino Romana dan lada hitam, serta linguina alla siciliana, pasta dengan adas liar, udang, dan jinten. Roscioli buka setiap hari kecuali Minggu dan hari libur nasional pada 15 Agustus.

Osteria La Gensola

Bagi para pecinta hidangan laut, Osteria La Gensola bisa jadi pilihan. Tempat yang satu ini adalah salah satu dari restoran sari laut terbaik di Roma, buka setiap hari kecuali 15 Agustus. Osteria La Gensola terkenal akan kesegaran sajian ikannya seperti spaghetti dengan bulu babi atau cumi panggang.

Pipero al Rex dan Metamorfosi

Beberapa tempat hidangan kontemporer Roma juga buka sepanjang Agustus, seperti Pipero al Rex dan Metamorfosi. Pipero al Rex menyajikan angsa carpaccio dengan apel dan mustard sementara Metamorfosi menawarkan menu klasik misalnya gnocchi dengan sotong dan kacang polong. Kedua restoran ini buka dari Senin sampai Sabtu.

Glass Hostaria

Restoran ini buka pada hari Selasa sampai Minggu. Menu primadonanya adalah cordon bleu serta hidangan tempo dulu seperti tagliolini dengan kerang, bawang perai, dan vanili.

Ristorante Antico Arco

Tempat makan ini buka 7 hari penuh dan berlokasi di luar pusat Roma, di bukit Janiculum yang cantik. Menu di sini antara lain yellowtail mentah dengan jeruk limau, jahe, dan adas atau carbonara dengan black truffle. Restoran ini buka dari siang hingga tengah malam.

Splendor Parthenopes

Restorang yang satu ini buka setiap hari dari pukul 7.00-2.00 dini hari. Pilihan menunya sangat ‘aman’ seperti pastry, keju, daging, ikan, pasta, dan pizza.

Pizzarium

Pizzarium menawarkan pizza terlezat, pizza al taglio yang terletak dekat dengan museum Vatikan dan Basilika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Sumber : BBC
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro