Kuliner

Puasa Ramadan, Ini Ragam Cemilan Favorit Warga Beijing Saat Berbuka

Fatkhul-nonaktif
Minggu, 21 Juli 2013 - 11:47
Bagikan

Bisnis.com, BEIJING - Warga muslim di Beijing memiliki camilan favorit untuk berbuka puasa, seperti Ludagun, Hhuangmimian niangao, dan Paicha goreng.

Wang Hong Li, seorang pedagang kue di kawasan Niujie di Beijing, mengatakan menjelang berbuka puasa, banyak warga muslim Beijing yang membeli kue-kue ini.

Ludagun adalah camilan berbahan dasar tepung beras kuning dan tepung kedelai dengan gula serta kacang merah sebagai isinya. Kue kuno Beijing itu ditampilkan dalam berbagai bentuk antara lain mirip bolu gulung.

Kue lain yang juga merupakan favorit warga muslim Beijing adalah Huangmimian Niangao. Kue ini terbuat dari tepung beras kuning pula dan kurma merah. Teksturnya lembut dan lengket serta memiliki rasa manis.

"Kue ini dijual 12 yuan per 500 gram," kata Wang Hong Li, Minggu (21/7/2013).

Camilan favorit lainnya adalah Paicha goreng yang merupakan makanan ringan yang renyah dan gurih. Makanan ringan itu terbuat dari tepung, air, garam dan wijen. "Adonan itu dibentuk persegi panjang berukuran 10cm x 5cm. Setelah itu digoreng menggunakan minyak sayur," ungkapnya.

Beijing, memiliki sejarah panjang dalam memproduksi berbagai jenis makanan. Sejak ditetapkan sebagai ibu kota, Beijing memiliki beragam makanan tradisional dengan cita rasa yang kuat sesuai zamannya, yakni dinasti Kin (1115-1234), Yuan (1279-1368), Ming (1368-1644) dan Qing (1644-1911).

Secara sosiologis, beragama makanan khas Beijing juga dibagi dalam tiga golongan yakni makanan dengan citarasa suku Han (suku mayoritas di China), Hui (etnis minoritas terbesar di China dari etnis minoritas yang diakui di China), dan makanan kaum kekaisaran.

Umumnya, beragam makanan itu disajikan dengan metode dikukus, digoreng dengan sedikit minyak, digoreng dengan minyak banyak dan direbus dalam air mendidih dalam waktu singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro