Travel

ONGKOS NAIK HAJI 2013: DPR Upayakan Tidak Naik

Fajar Sidik
Selasa, 5 Maret 2013 - 11:43
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sayed Fuad Zakaria mengatakan anggota dewan akan mengupayakan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2013 tidak naik.

"Kami upayakan BPIH tidak naik dengan meningkatkan dana optimalisasi sehingga subsidi bertambah. Tahun lalu Rp10 juta per orang. Dan untuk 2013 sebesar Rp12 juta per orang," kata Sayed sebelum rapat kerja soal BPIH 1434/2013 dengan Kementerian Agama di Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta, Selasa (5/3/2013).

Menurut Sayed, Komisi VIII DPR RI akan mendengarkan laporan Kementerian Agama soal biaya haji dan pemondokan bagi jemaah haji Indonesia di Saudi Arabia dalam rapat kerja hari ini. "Untuk saat ini, ongkos haji belum ditetapkan," kata dia.

Dia menjelaskan, setelah mendengarkan laporan Kementerian Agama, Panja BPIH Komisi VIII yang terdiri atas dua tim akan memeriksa pemondokan serta pelayanan katering untuk haji Indonesia di Saudi Arabia pekan depan.

Sayed juga mengatakan bahwa menurut laporan sementara, ada kenaikan harga sewa pemondokan di Makkah karena sedang ada proyek perluasan Masjidil Haram.

"Secara umum di sana terjadi kenaikan harga pemondokan sekitar 20%. Tapi tim dari Kemenag terus bernegosiasi. Diharapkan tak lebih 5.600 real untuk sewa pemondokan. Kalaupun naik, tak banyak lah," kata Sayed. (Antara/fsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Others
Sumber : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro